PRODUK SEMEN TONASA: CINTA KARYA
BANGSA MEMBANGUN INFRASTRUKTUR BERKUALITAS
Oleh: Andi Yuliana
UIN Alauddin Makassar
Pentingnya membangun
infrastruktur bagi Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan
menciptakan lapangan kerja hingga mengurangi kemiskinan. Industri semen
merupakan salah satu penopang pembangunan di Indonesia, yang cukup berperan
sebagai salah satu komponen utama dalam pembangunan infrastruktur dan dimana
bangunan menjadikan semen sebagai salah satu tulang punggung kemajuan Negara.
Menyadari pentingnya industri semen dalam pembangunan di Indonesia, pemerintah
pada 1957 mendirikan Semen Gresik, diikuti dengan pendirian Semen Tonasa
sehingga pada 1970 Indonesia memiliki tiga pabrik semen di Sumatera Barat, Jawa
Timur, dan Sulawesi Selatan.
Pertumbuhan ekonomi di
Indonesia yang semakin pesat telah menghadirkan ruang persaingan di segala
bidang. PT Semen Tonasa merupakan produsen semen terbesar di Kawasan Timur
Indonesia yang menempati lahan seluas 715 hektar di Desa Biringere, Kecamatan
Bungoro, Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan sekitar 68 kilometer dari kota Makassar.
PT Semen Tonasa merupakan perusahaan yang bergelut dibidang industri persemenan
dengan kualitas yang telah terbukti keunggulannya dan tidak diragukan lagi
ketahanannya dalam pembangunan sebuah bangunan atau gedung dan telah menembus
pasar Internasional. Kondisi pertumbuhan pembangunan yang pesat khususnya di
Kawasan Timur Indonesia, tepatnya di Sulawesi Selatan konsumsi pada Semen
Tonasa cukup terbilang tinggi. Saat ini pembangunan yang semakin cepat,
terlebih dengan maraknya pembangunan infrastruktur saat ini, di akhir tahun
1970-an dan awal 1980-an berdirilah industri semen yang dibangun oleh swasta
diantaranya Semen Nusantara, Semen Cibinong (sekarang Holcim), Indocement, dan
Semen Bosowa. Melihat persaingan dalam pasar bebas memunculkan pesaing-pesaing
baru baik pesaing lokal maupun pesaing luar yang masuk ke Indonesia dengan
harga yang terbilang murah dan berkualitas. Banyaknya produk luar yang masuk ke
Indonesia menjadi tantangan bagi pesaing pasar lokal, dimana masyarakat akan
memilih produk yang berkualitas dengan harga yang terbilang murah. Oleh karena
itu diperlukan kejelihan dan kejeniusan dalam memenuhi keinginan dan kebutuhan
konsumen sehingga produk yang di pasarkan mendapat perhatian, dibeli, dan
digunakan sehingga dapat memuaskan kebutuhan konsumen.
Salah satu upaya untuk
menciptakan daya saing strategis yang berkelanjutan melalui peningkatan
kualitas produk. Maka PT Semen Tonasa hendaknya berbenah diri untuk
mempertahankan produk unggulnya yang merupakan produk dalam negeri yang dapat
menunjang pembangunan infrastruktur yang berkualitas. Dengan memiliki daya
saing strategis berkelanjutan, perusahaan akan mempunyai keunggulan kompetitif
karena mampu menciptakan nilai bagi pembelinya. Kualitas produk menjadi kunci
utama dalam memenangkan persaingan pasar, dimana peran kualitas sangat penting
bagi perusahaan karena kualitas merupakan hal yang paling penting diandalkan
perusahaan untuk tetap memberikan yang terbaik
bagi konsumen yang berarti memenuhi tuntutan konsumen yang semakin
berkembang, yaitu produk yang berkualitas tinggi, harga murah dan pelayanan
yang memuaskan. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem pengendalian mutu yang
sesuai dengan permasalahan tersbut, yang disebut dengan Total Quality Management (TQM). Hal inilah yang menjadi latar
belakang saya mengangkat tema Total
Quality Management (TQM) karena untuk memaksimalkan daya saing suatu
perusahaan dilakukan melalui perbaikan terus menerus untuk memenuhi kebutuhan
atau keinginan konsumen dan memberikan pelayanan yang memuaskan.
Kualitas
Produk Semen Tonasa
Kehadiran PT Semen
Tonasa di Sulawesi Selatan sungguh membawa arti penting dan keuntungan yang
cukup besar bagi masyarakat Sulawesi Selatan itu sendiri. Produk PT Semen
Tonasa diatur menurut standar Internasional yaitu ASTM dan standar nasional
bagi semen yang beredar di Indonesia yaitu Standar Nasional Indonesia (SNI).
Semua produk PT Semen Tonasa telah lulus uji SNI, bahkan semua jenis produk PT
Semen Tonasa memiliki kualitas diatas persyaratan SNI, antara lain: MgO
(Magnesium Oksida) persyaratan SNI < 0,6% sedangkan Semen Tonasa 0,89%. Jika
kandungan MgO lebih dari 5% akan menimbulkan retak dan keruntuhan bangunan.
Pemuaiana, persyaratan SNI < 0,8% sedangkan Semen Tonasa hanya 0,04%.
Pemuaian yang besar akan menyebabkan bangunan retak (sementonasa.co.id).
PT Semen Tonasa
memproduksi 3 jenis semen yang masing-masing produknya diperuntuhkan untuk
bangunan-bangunan tertentu, yaitu Semen Portland Jenis 1 (OPC); Semen Portland
Komposit (PCC); dan Semen Portland Pozzolan (PPC). Perjalanan usia PT Semen
Tonasa yang kini memasuki usia ke-48 tahun, dengan melihat hadirnya
gedung-gedung megah dan rumah-rumah mewah yang kokoh sepanjang puluhan tahun
yang silam, maka dapat kita bayangkan betapa ribuan orang telah menggantungkan
nasibnya pada Semen Tonasa. Namun melihat banyaknya produk luar yang masuk di
Indonesia dengan harga yang terbilang murah dan berkualitas, hal tersebut
menjadi tantangan di perindustrian semen khususnya PT Semen Tonasa.
Melihat banyaknya
produk yang beredar dipasaran, terdapat beberapa produk lokal tidak memberikan
pelayanan purnajual yang memuaskan (tidak mencantumkan nomor customer care pada kemasan produknya)
dan terdapat beberapa produk yang tidak memerhatikan kebutuhan dan keinginan
konsumen. PT Semen Tonasa sebagai BUMN yang melayani pendistribusian semen
kepada pemakai, berupaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan
produktivitas, efisiensi dan efektivitas secara terencana dan melibatkan
partisipasi dari semua unsur yang terkait dalam perusahaan. Salah satu upaya
yang harus dilakukan oleh manajemen dalam meningkatkan efektivitas adalah
menentukan arah dan tujuan dari perbaikan produktivitas dan kualitas.
Total Quality Management Sebagai Daya Saing Strategis
Total
Quality Manajemen merupakan suatu pendekatan dalam
menjalankan usaha yang mencoba memaksimumkan daya saing organisasi melalui
perbaikan terus-menerus atas produk, jasa, tenaga kerja, proses dan lingkungan
(Resmi, 2011). Pada dasarnya konsep TQM mengandung 3 unsur: 1) strategi nilai
pelanggan, adalah manfaat yang dapat diperoleh pelanggan atas penggunaan barang
yang dihasilkan perusahaan dan pengorbanan pelanggan untuk memperolehnya.
Strategi ini merupakan perencanaan bisnis untuk memberikan nilai bagi pelanggan
termasuk karakteristik produk, cara penyampaian, pelayanan dan sebagainya. 2)
sistem organisasional, yang berfokus pada penyediaan nilai bagi pelanggan.
Sistem ini mencakup tenaga kerja, material, aliran proses, aliran informasi dan
pembuatan keputusan, 3) perbaikan kualitas berkelanjutan, yang dipergunakan
untuk menghadapi lingkungan eksternal yang selalu berubah, terutama perubahan
selera konsumen.
Penerapan TQM dan ISO
9001:2008 merupakan lompatan besar bagi PT Semen Tonasa untuk menjadi
perusahaan distribusi semen dengan layanan terbaik di Indonesia. ISO 9001:2008
suatu standar Internasional untuk sistem manajemen mutu dan bertujuan untuk
menjamin bahwa perusahaan akan memberikan produk yang memenuhi persyaratan yang
ditetapkan. Perusahaan harus mampu memberikan pelayanan yang handal, kepuasan
kepada para pelanggan, serta strategis dalam mengikuti perkembangan teknologi
pelayanan kepada masyarakat. Kualitas Semen Tonasa telah teruji dan di percayai
oleh masyarakat luas, namun PT Semen Tonasa dalam memenuhi kebutuhan konsumen,
harus memerhatikan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Bukan berarti PT Semen
Tonasa belum menerapkan TQM sebagai daya saing strategis, hanya saja masih ada
yang perluh diperbaiki dan di kembangkan. Seperti kita ketahui kemasan standar
Semen Tonasa 50 kg dan 40 kg. Kebutuhan konsumen akan semen tidaklah sama,
masyarakat yang membutuhkan semen dengan jumlah yang banyak dapat membeli
ukuran standar yaitu 50 kg atau 40 kg. Namun tidak menutup kemungkinan
kebutuhan masyarakat akan semen dengan jumlah yang sedikit (dibawah 40 kg) dan
konsumen yang menengah kebawah dapat menjangkau kemasan tersebut. Dengan adanya
kemasan yang di bawah 40 kg tentunya dapat memberikan keuntungan yang besar.
Pelayanan purnajual
produk akan berpengaruh di pemasaran, sehingga produsen harus memberikan
pelayanan yang memuaskan kepada konsumen. Terdapat beberapa produk lokal yang
beredar dipasaran tidak member services,
sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat kurang memuaskan karena
masyarakat akan bingung untuk menghubungi siapa jika terdapat keluhan ataupun
kendala dalam penggunaan produk. PT Semen Tonasa dalam memenuhi kepuasan
konsumen dapat melakukan hal tersebut dengan mencantumkan nomor customer care dalam produknya, layanan
konsumen (customer care) yang akan
cepat dan tanggap mendengar keluhan dan kritikan konsumen, konsumen yang
memiliki keluhan atau kendala dapat menghubungi langsung nomor yang dicantumkan
dalam kemasan tersebut. Sehingga konsumen yang mendapatkan keluhan atau kendala
tidak menceritakan ke masyarakat akan hal tersebut, yang dapat mengurangi daya
beli barang karena telah mendapatakan solusi dari nomor customer care yang terdapat di produk. Semoga penerapan TQM pada PT
Semen Tonasa dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen dan memberikan
pelayanan yang memuaskan, sehingga produk Semen Tonasa dapat unggul di antara
produk semen yang beredar di pasaran.
Konstribusi
Semen Tonasa dalam Pembangunan Infrastruktur
Keberhasilan dalam
memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat membuat Semen Tonasa dapat di
percayai sebagai prusahaan persemenan yang bermutu dan berkualitas. Dalam
pengembangan produk lokal, pemerintah juga tidak boleh lepas tangan, dalam hal
ini pemerintah sebagai teladan sangat diharapkan. Karena bagaimana mungkin
masyarakat diminta untuk mencintai produk dalam negeri jika pejabat pemerintahan
sendiri ternyata lebih senang menggunakan produk luar negeri. Senin 22 Februari
2016 dimana Rahman Rahim yang merupakan Wakil Ketua DPRD Kab Wajo, memaparkan
bahwa, Komisi III DPRD Kab Wajo adalah komisi yang bertugas menangani masalah
pembangunan infrastruktur. Maksud dari kunjungan Wakil Ketua DPRD Wajo ke PT
Semen Tonasa untuk mendapatkan informasi terkait pencampuran semen yang tepat
untuk proyek tersebut dapat diperoleh, sehingga pembangunan jalanan beton di
Kab. Wajo bisa lebih maksimal (sementonasa.co.id).
PT Semen Tonasa
bekerjasama Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar membangun tapal batas wilayah
Kecamatan di 14 Kecamatan se-Kota Makassar. Sekretaris Kota (Sekkot) Makassar,
Ibrahim Saleh berharap, kerjasama PT Semen Tonasa tersebut tidak hanya dengan
pembangunan tapal batas. Namun, dapat berlanjut untuk kerjasama program
lainnya. Seperti pembangunan taman keindahan dan sekaligus menjadi hutan kota (www.sementonasa.co.id).
Tahun 2016 merupakan tahun infrastruktur, pembangunan batas kecamatan tersebut
merupakan konstribusi PT Semen Tonasa dalam mendukung pembangunan
infrastruktur. Dengan kerjasama PT Semen Tonasa dengan pemerintah dapat menjadi
contoh bagi perusahaan BUMN yang lainnya untuk mengambil peran dalam mendukung
program pembangunan pemerintah. Tiga sektor infrastruktur utama yang akan
difokuskan oleh pemerintah adalah konektivitas jalan, sumber daya air, dan
pemukiman atau perumahan (Ramadhiani, 2016). Ketiga sektor tersebut dalam
proses pembangunannya tentunya membutuhkan semen, disinilah Semen Tonasa yang
merupakan produk dalam Negeri yang bermutu dan berkualitas dapat dipercayai
dalam proses pembangunan tersebut, tanpa harus menggunakan produk luar Negeri.
Dari pabrik Semen
Tonasa kini berdirilah beberapa bangunan megaproyek yang kini menjadi Icon Building di Sulawesi Selatan,
yaitu: Bandara Internasional Sultan Hasanuddin yang megah, Anjungan Pantai
Losari, Flayover diperempatan jalan
Urip Suiharji, Grand Clarion Hotel dan Convention Center, Jalan Trans Sulawesi,
Menara Phinisi Universitas Negeri Makassar, Pelabuhan Soekarno-Hatta (Makassar New Port) dan masih banyak
bangunan ataupun infrastruktur-infrastruktur lainnya (Sabar, 2013). PT Semen
Tonasa bekerjasama dengan 3 asosiasi pengusaha jasa konstruksi di SulSel yaitu:
DPD Real Estate Indonesia, BPD
Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional dan DPD Asosiasi Aspal Beton Indonesia
SulSel. Dan beberapa kontraktor yaitu : PT PKM (Prima Karya Manunggal), PT Bumi
Sarana Beton, PT Wika Beton, PT Nindya Karya, PT L & M system, PT Waskita
Karya, PT Adhi Kali, PT BBI (Boma Bisma Indra), PT Swadaya Graha dan PT Graha
Usaha Teknik (www.sementonasa.co.id). Hal tersebut menunjukkan bahwa produk
Semen Tonasa terpercaya kualitasnya dalam pembangunan infrastruktur.
Konstribusi pemerintah
sudah mendukung untuk menggunakan produk lokal dalam pembangunan infrastruktur,
sehingga dapat menarik minat masyarakat dan kesadaran akan cinta produk dalam
Negeri. Karena jika kurangnya minat akan produk lokal maka dapat mengakibatkan produksi Nasional menurun, pembangunan terhambat, lapanga kerja semakin
sedikit, PHK terjadi dimana-mana, pengangguran meningkat, dan kesejahteraan
masyarakat memburuk. Dukungan dari pemerintah terkait dengan kebijakan dividen
tercermin dari cara pandang BUMN yang dioptimalkan perannya sebagai agen
pembangunan.
Meningkatkan
Pendapatan Nasional
Perjalanan panjang
telah dilalui PT Semen Tonasa sehingga saat ini mampu bertahan dan menjalankan
roda perusahaan selama 48 tahun. PT
Semen Tonasa menargetkan pendapatan tahun ini sebesar Rp 6 triliun, meningkat
dibandingkan realisasi tahun lalu sebesar Rp 5,5 triliun. Laba bersih perseroan
juga diproyeksikan naik menjadi sebesar Rp 700 miliar dari raihan tahun lalu
sebesar Rp 556 miliar (Fikry, 2016). PT Semen Tonasa
yang merupakan anak perusahaan dari PT Semen Indonesia, tentu diharapkan
berkonstribusi secara maksimal bagi Negeri. Perusahaan BUMN ini memiliki peran
penting terutama dalam menunjang roda perekonomian dan kegiatan sosial di
Indonesia, khususnya di Kabupaten Pangkep
dan pada umumnya di Indonesia. Jumlah pajak dan dividen yang
disumbangkan oleh 119 BUMN terus mengalami kenaikan sejalan dengan peningkatan
kinerja BUMN. Pemberian Penyertaan Modal Negara dalam rangka mengoptimalkan
peran BUMN sebagai agen pembangunan, yang diharapkan dapat mewujudkan
program-program prioritas yang berorientasi pertumbuhan ekonomi, ujar Rini
Suemarno Menteri BUMN (Sinaga, 2015).
Kualitas produk sangat
terkait dengan kepuasan konsumen. Dengan perbaikan dan pengembangan TQM PT
Semen Tonasa dapat memberikan keuntungan yang banyak, karena kebutuhan atau
keinginan konsumen dapat terepenuhi dan layanan yang diberikan kepada konsumen
sehingga dapat memenuhi kepuasan konsumen. Dengan terpenuhinya keinginan dan
kebutuhan konsumen dan memberikan pelayanan yang memuaskan, hal tersebut
menunjukkan bahwa kinerja PT Semen Tonasa mengalami peningkatan kinerja
sehingga dapat menunjang roda perekonomian dengan menyumbangkan pajak dan
dividen. Dimana pajak yang dimaksud berupa pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pajak
Tambang Golongan C dan Pajak Penerangan Jalan. Dengan penyumbangan jumlah pajak
dan dividen maka penadapatan Nasional akan bertambah tentunya dapat menunjang
pembangunan infrastruktur. PT Semen Tonasa bukan saja menjadi sebuah industri
yang menjual potensi Alam Pangkep yang telah diramuh menjadi bahan baku semen,
namun perusahaan tersebut menjadi kebanggaan Indonesia Timur dan semakin baik
posisi produk tersebut dalam persaingan.
Dengan produk yang
bermutu dan berkualitas yang menandakan adanya peningkatan kinerja dimana
kebutuhan dan keinginan konsumen terpenuhi. Hal inilah yang menjadi keunggulan
PT Semen Tonasa sehingga dapat menarik konsumen untuk mencintai produk Bangsa
dan dapat menunjang pembangunan infrastruktur yang berkualitas di Kawasan Timur
Indonesia sejak tahun 1968. Maju dan teruslah berinovasi PT Semen Tonasa,
produkmu adalah kebanggan Bangsa.
REFERENSI
Fikry, M. R. 2016. Semen Tonasa
Targetkan Pendapatan Rp 6 Triliun. http://www.beritasatu.com/pasar-modal/366009-semen-tonasa-targetkan-pendapatan-rp-6-triliun.html.
Diakses pada Sabtu 17 September 2016 pukul 23:45 pm wita.
Ramadhiani, A. 2016. Tantangan
Infrastruktur ke Depan dan Pemanfaatan Teknologi. www.kompas.com. Diakses pada 8 Agustus 2016 pukul 22:05 pm wita.
Resmi, N. N. 2011. Strategi Meningkatkan
Kualitas Produk Untuk Menang dalam Kompetisi.
Jurnal Sains dan Teknologi. 10(3)
April 2011.
Sabar, W. 2013. CSR PT Semen Tonasa
Bukan Sekedar Cerita. Universitas Negeri Makassar.
Sinaga, R. 2015. Rini: Konstribusi BUMN
Bagi Perekonomian Makin Besar. www.antaranews.com. Diakses pada 13
Agustus 2016 pukul 21:15 pm wita.
www.sementonasa.co.id
CURRICULUM
VITAE
Nama : ANDI YULIANA
Alamat : Jl Manuruki 2 Lr. 5A No. 85 D, Makassar
Phone Number :
085218278682
Email : andiyuliana39@gmail.com
Facebook : Andi Yuliana Sangiang
|
BIODATA
|
||
Tempat/Tanggal Lahir
|
:
|
Bone, 23 Oktober 1994
|
Jenis Kelamin / Status
|
:
|
Perempuan / Mahasiswi
|
Kewarganegaraan
|
:
|
Indonesia
|
Agama
|
:
|
Islam
|
Alamat
|
:
|
Jl Manuruki 2 Lr. 5A No. 85 D,
Makassar
|
Hobi
|
:
|
Membaca, Berdiskusi, Menulis, dan
Online
|
PENDIDIKAN
|
|
2001 – 2007
|
SDN 163 Appanang
|
2007 – 2010
|
SMP Negeri 1 Liliriaja
|
2010 – 2013
|
SMA Negeri 1 Tellusiattinge
|
2013 – Sekarang
|
Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN) Makassar,
Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
|
piuuu
BalasHapus