Kamis, 13 Oktober 2016

PRODUK SEMEN TONASA: CINTA KARYA BANGSA MEMBANGUN INFRASTRUKTUR BERKUALITAS



PRODUK SEMEN TONASA: CINTA KARYA BANGSA MEMBANGUN INFRASTRUKTUR BERKUALITAS

Oleh: Andi Yuliana
UIN Alauddin Makassar

Pentingnya membangun infrastruktur bagi Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja hingga mengurangi kemiskinan. Industri semen merupakan salah satu penopang pembangunan di Indonesia, yang cukup berperan sebagai salah satu komponen utama dalam pembangunan infrastruktur dan dimana bangunan menjadikan semen sebagai salah satu tulang punggung kemajuan Negara. Menyadari pentingnya industri semen dalam pembangunan di Indonesia, pemerintah pada 1957 mendirikan Semen Gresik, diikuti dengan pendirian Semen Tonasa sehingga pada 1970 Indonesia memiliki tiga pabrik semen di Sumatera Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang semakin pesat telah menghadirkan ruang persaingan di segala bidang. PT Semen Tonasa merupakan produsen semen terbesar di Kawasan Timur Indonesia yang menempati lahan seluas 715 hektar di Desa Biringere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan sekitar 68 kilometer dari kota Makassar. PT Semen Tonasa merupakan perusahaan yang bergelut dibidang industri persemenan dengan kualitas yang telah terbukti keunggulannya dan tidak diragukan lagi ketahanannya dalam pembangunan sebuah bangunan atau gedung dan telah menembus pasar Internasional. Kondisi pertumbuhan pembangunan yang pesat khususnya di Kawasan Timur Indonesia, tepatnya di Sulawesi Selatan konsumsi pada Semen Tonasa cukup terbilang tinggi. Saat ini pembangunan yang semakin cepat, terlebih dengan maraknya pembangunan infrastruktur saat ini, di akhir tahun 1970-an dan awal 1980-an berdirilah industri semen yang dibangun oleh swasta diantaranya Semen Nusantara, Semen Cibinong (sekarang Holcim), Indocement, dan Semen Bosowa. Melihat persaingan dalam pasar bebas memunculkan pesaing-pesaing baru baik pesaing lokal maupun pesaing luar yang masuk ke Indonesia dengan harga yang terbilang murah dan berkualitas. Banyaknya produk luar yang masuk ke Indonesia menjadi tantangan bagi pesaing pasar lokal, dimana masyarakat akan memilih produk yang berkualitas dengan harga yang terbilang murah. Oleh karena itu diperlukan kejelihan dan kejeniusan dalam memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen sehingga produk yang di pasarkan mendapat perhatian, dibeli, dan digunakan sehingga dapat memuaskan kebutuhan konsumen.
Salah satu upaya untuk menciptakan daya saing strategis yang berkelanjutan melalui peningkatan kualitas produk. Maka PT Semen Tonasa hendaknya berbenah diri untuk mempertahankan produk unggulnya yang merupakan produk dalam negeri yang dapat menunjang pembangunan infrastruktur yang berkualitas. Dengan memiliki daya saing strategis berkelanjutan, perusahaan akan mempunyai keunggulan kompetitif karena mampu menciptakan nilai bagi pembelinya. Kualitas produk menjadi kunci utama dalam memenangkan persaingan pasar, dimana peran kualitas sangat penting bagi perusahaan karena kualitas merupakan hal yang paling penting diandalkan perusahaan untuk tetap memberikan yang terbaik  bagi konsumen yang berarti memenuhi tuntutan konsumen yang semakin berkembang, yaitu produk yang berkualitas tinggi, harga murah dan pelayanan yang memuaskan. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem pengendalian mutu yang sesuai dengan permasalahan tersbut, yang disebut dengan Total Quality Management (TQM). Hal inilah yang menjadi latar belakang saya mengangkat tema Total Quality Management (TQM) karena untuk memaksimalkan daya saing suatu perusahaan dilakukan melalui perbaikan terus menerus untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen dan memberikan pelayanan yang memuaskan.
Kualitas Produk Semen Tonasa
Kehadiran PT Semen Tonasa di Sulawesi Selatan sungguh membawa arti penting dan keuntungan yang cukup besar bagi masyarakat Sulawesi Selatan itu sendiri. Produk PT Semen Tonasa diatur menurut standar Internasional yaitu ASTM dan standar nasional bagi semen yang beredar di Indonesia yaitu Standar Nasional Indonesia (SNI). Semua produk PT Semen Tonasa telah lulus uji SNI, bahkan semua jenis produk PT Semen Tonasa memiliki kualitas diatas persyaratan SNI, antara lain: MgO (Magnesium Oksida) persyaratan SNI < 0,6% sedangkan Semen Tonasa 0,89%. Jika kandungan MgO lebih dari 5% akan menimbulkan retak dan keruntuhan bangunan. Pemuaiana, persyaratan SNI < 0,8% sedangkan Semen Tonasa hanya 0,04%. Pemuaian yang besar akan menyebabkan bangunan retak (sementonasa.co.id).
PT Semen Tonasa memproduksi 3 jenis semen yang masing-masing produknya diperuntuhkan untuk bangunan-bangunan tertentu, yaitu Semen Portland Jenis 1 (OPC); Semen Portland Komposit (PCC); dan Semen Portland Pozzolan (PPC). Perjalanan usia PT Semen Tonasa yang kini memasuki usia ke-48 tahun, dengan melihat hadirnya gedung-gedung megah dan rumah-rumah mewah yang kokoh sepanjang puluhan tahun yang silam, maka dapat kita bayangkan betapa ribuan orang telah menggantungkan nasibnya pada Semen Tonasa. Namun melihat banyaknya produk luar yang masuk di Indonesia dengan harga yang terbilang murah dan berkualitas, hal tersebut menjadi tantangan di perindustrian semen khususnya PT Semen Tonasa.
Melihat banyaknya produk yang beredar dipasaran, terdapat beberapa produk lokal tidak memberikan pelayanan purnajual yang memuaskan (tidak mencantumkan nomor customer care pada kemasan produknya) dan terdapat beberapa produk yang tidak memerhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen. PT Semen Tonasa sebagai BUMN yang melayani pendistribusian semen kepada pemakai, berupaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan produktivitas, efisiensi dan efektivitas secara terencana dan melibatkan partisipasi dari semua unsur yang terkait dalam perusahaan. Salah satu upaya yang harus dilakukan oleh manajemen dalam meningkatkan efektivitas adalah menentukan arah dan tujuan dari perbaikan produktivitas dan kualitas.
Total Quality Management Sebagai Daya Saing Strategis
Total Quality Manajemen merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus-menerus atas produk, jasa, tenaga kerja, proses dan lingkungan (Resmi, 2011). Pada dasarnya konsep TQM mengandung 3 unsur: 1) strategi nilai pelanggan, adalah manfaat yang dapat diperoleh pelanggan atas penggunaan barang yang dihasilkan perusahaan dan pengorbanan pelanggan untuk memperolehnya. Strategi ini merupakan perencanaan bisnis untuk memberikan nilai bagi pelanggan termasuk karakteristik produk, cara penyampaian, pelayanan dan sebagainya. 2) sistem organisasional, yang berfokus pada penyediaan nilai bagi pelanggan. Sistem ini mencakup tenaga kerja, material, aliran proses, aliran informasi dan pembuatan keputusan, 3) perbaikan kualitas berkelanjutan, yang dipergunakan untuk menghadapi lingkungan eksternal yang selalu berubah, terutama perubahan selera konsumen.
Penerapan TQM dan ISO 9001:2008 merupakan lompatan besar bagi PT Semen Tonasa untuk menjadi perusahaan distribusi semen dengan layanan terbaik di Indonesia. ISO 9001:2008 suatu standar Internasional untuk sistem manajemen mutu dan bertujuan untuk menjamin bahwa perusahaan akan memberikan produk yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Perusahaan harus mampu memberikan pelayanan yang handal, kepuasan kepada para pelanggan, serta strategis dalam mengikuti perkembangan teknologi pelayanan kepada masyarakat. Kualitas Semen Tonasa telah teruji dan di percayai oleh masyarakat luas, namun PT Semen Tonasa dalam memenuhi kebutuhan konsumen, harus memerhatikan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Bukan berarti PT Semen Tonasa belum menerapkan TQM sebagai daya saing strategis, hanya saja masih ada yang perluh diperbaiki dan di kembangkan. Seperti kita ketahui kemasan standar Semen Tonasa 50 kg dan 40 kg. Kebutuhan konsumen akan semen tidaklah sama, masyarakat yang membutuhkan semen dengan jumlah yang banyak dapat membeli ukuran standar yaitu 50 kg atau 40 kg. Namun tidak menutup kemungkinan kebutuhan masyarakat akan semen dengan jumlah yang sedikit (dibawah 40 kg) dan konsumen yang menengah kebawah dapat menjangkau kemasan tersebut. Dengan adanya kemasan yang di bawah 40 kg tentunya dapat memberikan keuntungan yang besar.
Pelayanan purnajual produk akan berpengaruh di pemasaran, sehingga produsen harus memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen. Terdapat beberapa produk lokal yang beredar dipasaran tidak member services, sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat kurang memuaskan karena masyarakat akan bingung untuk menghubungi siapa jika terdapat keluhan ataupun kendala dalam penggunaan produk. PT Semen Tonasa dalam memenuhi kepuasan konsumen dapat melakukan hal tersebut dengan mencantumkan nomor customer care dalam produknya, layanan konsumen (customer care) yang akan cepat dan tanggap mendengar keluhan dan kritikan konsumen, konsumen yang memiliki keluhan atau kendala dapat menghubungi langsung nomor yang dicantumkan dalam kemasan tersebut. Sehingga konsumen yang mendapatkan keluhan atau kendala tidak menceritakan ke masyarakat akan hal tersebut, yang dapat mengurangi daya beli barang karena telah mendapatakan solusi dari nomor customer care yang terdapat di produk. Semoga penerapan TQM pada PT Semen Tonasa dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen dan memberikan pelayanan yang memuaskan, sehingga produk Semen Tonasa dapat unggul di antara produk semen yang beredar di pasaran.
Konstribusi Semen Tonasa dalam Pembangunan Infrastruktur
Keberhasilan dalam memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat membuat Semen Tonasa dapat di percayai sebagai prusahaan persemenan yang bermutu dan berkualitas. Dalam pengembangan produk lokal, pemerintah juga tidak boleh lepas tangan, dalam hal ini pemerintah sebagai teladan sangat diharapkan. Karena bagaimana mungkin masyarakat diminta untuk mencintai produk dalam negeri jika pejabat pemerintahan sendiri ternyata lebih senang menggunakan produk luar negeri. Senin 22 Februari 2016 dimana Rahman Rahim yang merupakan Wakil Ketua DPRD Kab Wajo, memaparkan bahwa, Komisi III DPRD Kab Wajo adalah komisi yang bertugas menangani masalah pembangunan infrastruktur. Maksud dari kunjungan Wakil Ketua DPRD Wajo ke PT Semen Tonasa untuk mendapatkan informasi terkait pencampuran semen yang tepat untuk proyek tersebut dapat diperoleh, sehingga pembangunan jalanan beton di Kab. Wajo bisa lebih maksimal (sementonasa.co.id).
PT Semen Tonasa bekerjasama Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar membangun tapal batas wilayah Kecamatan di 14 Kecamatan se-Kota Makassar. Sekretaris Kota (Sekkot) Makassar, Ibrahim Saleh berharap, kerjasama PT Semen Tonasa tersebut tidak hanya dengan pembangunan tapal batas. Namun, dapat berlanjut untuk kerjasama program lainnya. Seperti pembangunan taman keindahan dan sekaligus menjadi hutan kota (www.sementonasa.co.id). Tahun 2016 merupakan tahun infrastruktur, pembangunan batas kecamatan tersebut merupakan konstribusi PT Semen Tonasa dalam mendukung pembangunan infrastruktur. Dengan kerjasama PT Semen Tonasa dengan pemerintah dapat menjadi contoh bagi perusahaan BUMN yang lainnya untuk mengambil peran dalam mendukung program pembangunan pemerintah. Tiga sektor infrastruktur utama yang akan difokuskan oleh pemerintah adalah konektivitas jalan, sumber daya air, dan pemukiman atau perumahan (Ramadhiani, 2016). Ketiga sektor tersebut dalam proses pembangunannya tentunya membutuhkan semen, disinilah Semen Tonasa yang merupakan produk dalam Negeri yang bermutu dan berkualitas dapat dipercayai dalam proses pembangunan tersebut, tanpa harus menggunakan produk luar Negeri.
Dari pabrik Semen Tonasa kini berdirilah beberapa bangunan megaproyek yang kini menjadi Icon Building di Sulawesi Selatan, yaitu: Bandara Internasional Sultan Hasanuddin yang megah, Anjungan Pantai Losari, Flayover diperempatan jalan Urip Suiharji, Grand Clarion Hotel dan Convention Center, Jalan Trans Sulawesi, Menara Phinisi Universitas Negeri Makassar, Pelabuhan Soekarno-Hatta (Makassar New Port) dan masih banyak bangunan ataupun infrastruktur-infrastruktur lainnya (Sabar, 2013). PT Semen Tonasa bekerjasama dengan 3 asosiasi pengusaha jasa konstruksi di SulSel yaitu: DPD Real Estate Indonesia, BPD Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional dan DPD Asosiasi Aspal Beton Indonesia SulSel. Dan beberapa kontraktor yaitu : PT PKM (Prima Karya Manunggal), PT Bumi Sarana Beton, PT Wika Beton, PT Nindya Karya, PT L & M system, PT Waskita Karya, PT Adhi Kali, PT BBI (Boma Bisma Indra), PT Swadaya Graha dan PT Graha Usaha Teknik (www.sementonasa.co.id). Hal tersebut menunjukkan bahwa produk Semen Tonasa terpercaya kualitasnya dalam pembangunan infrastruktur.
Konstribusi pemerintah sudah mendukung untuk menggunakan produk lokal dalam pembangunan infrastruktur, sehingga dapat menarik minat masyarakat dan kesadaran akan cinta produk dalam Negeri. Karena jika kurangnya minat akan produk lokal maka dapat mengakibatkan produksi Nasional menurun, pembangunan terhambat, lapanga kerja semakin sedikit, PHK terjadi dimana-mana, pengangguran meningkat, dan kesejahteraan masyarakat memburuk. Dukungan dari pemerintah terkait dengan kebijakan dividen tercermin dari cara pandang BUMN yang dioptimalkan perannya sebagai agen pembangunan.
Meningkatkan Pendapatan Nasional
Perjalanan panjang telah dilalui PT Semen Tonasa sehingga saat ini mampu bertahan dan menjalankan roda perusahaan selama 48 tahun. PT Semen Tonasa menargetkan pendapatan tahun ini sebesar Rp 6 triliun, meningkat dibandingkan realisasi tahun lalu sebesar Rp 5,5 triliun. Laba bersih perseroan juga diproyeksikan naik menjadi sebesar Rp 700 miliar dari raihan tahun lalu sebesar Rp 556 miliar (Fikry, 2016). PT Semen Tonasa yang merupakan anak perusahaan dari PT Semen Indonesia, tentu diharapkan berkonstribusi secara maksimal bagi Negeri. Perusahaan BUMN ini memiliki peran penting terutama dalam menunjang roda perekonomian dan kegiatan sosial di Indonesia, khususnya di Kabupaten Pangkep  dan pada umumnya di Indonesia. Jumlah pajak dan dividen yang disumbangkan oleh 119 BUMN terus mengalami kenaikan sejalan dengan peningkatan kinerja BUMN. Pemberian Penyertaan Modal Negara dalam rangka mengoptimalkan peran BUMN sebagai agen pembangunan, yang diharapkan dapat mewujudkan program-program prioritas yang berorientasi pertumbuhan ekonomi, ujar Rini Suemarno Menteri BUMN (Sinaga, 2015).
Kualitas produk sangat terkait dengan kepuasan konsumen. Dengan perbaikan dan pengembangan TQM PT Semen Tonasa dapat memberikan keuntungan yang banyak, karena kebutuhan atau keinginan konsumen dapat terepenuhi dan layanan yang diberikan kepada konsumen sehingga dapat memenuhi kepuasan konsumen. Dengan terpenuhinya keinginan dan kebutuhan konsumen dan memberikan pelayanan yang memuaskan, hal tersebut menunjukkan bahwa kinerja PT Semen Tonasa mengalami peningkatan kinerja sehingga dapat menunjang roda perekonomian dengan menyumbangkan pajak dan dividen. Dimana pajak yang dimaksud berupa pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pajak Tambang Golongan C dan Pajak Penerangan Jalan. Dengan penyumbangan jumlah pajak dan dividen maka penadapatan Nasional akan bertambah tentunya dapat menunjang pembangunan infrastruktur. PT Semen Tonasa bukan saja menjadi sebuah industri yang menjual potensi Alam Pangkep yang telah diramuh menjadi bahan baku semen, namun perusahaan tersebut menjadi kebanggaan Indonesia Timur dan semakin baik posisi produk tersebut dalam persaingan.
Dengan produk yang bermutu dan berkualitas yang menandakan adanya peningkatan kinerja dimana kebutuhan dan keinginan konsumen terpenuhi. Hal inilah yang menjadi keunggulan PT Semen Tonasa sehingga dapat menarik konsumen untuk mencintai produk Bangsa dan dapat menunjang pembangunan infrastruktur yang berkualitas di Kawasan Timur Indonesia sejak tahun 1968. Maju dan teruslah berinovasi PT Semen Tonasa, produkmu adalah kebanggan Bangsa.



















REFERENSI
Fikry, M. R. 2016. Semen Tonasa Targetkan Pendapatan Rp 6 Triliun. http://www.beritasatu.com/pasar-modal/366009-semen-tonasa-targetkan-pendapatan-rp-6-triliun.html. Diakses pada Sabtu 17 September 2016 pukul 23:45 pm wita.
Ramadhiani, A. 2016. Tantangan Infrastruktur ke Depan dan Pemanfaatan Teknologi. www.kompas.com. Diakses pada 8 Agustus 2016 pukul 22:05 pm wita.
Resmi, N. N. 2011. Strategi Meningkatkan Kualitas Produk Untuk Menang dalam Kompetisi. Jurnal Sains dan Teknologi. 10(3) April 2011.
Sabar, W. 2013. CSR PT Semen Tonasa Bukan Sekedar Cerita. Universitas Negeri Makassar.
Sinaga, R. 2015. Rini: Konstribusi BUMN Bagi Perekonomian Makin Besar. www.antaranews.com. Diakses pada 13 Agustus 2016 pukul 21:15 pm wita.
www.sementonasa.co.id






CURRICULUM VITAE
Nama                  : ANDI YULIANA
Alamat                 : Jl Manuruki 2 Lr. 5A No. 85 D, Makassar   
Phone Number   : 085218278682
Email                  : andiyuliana39@gmail.com
Facebook            : Andi Yuliana Sangiang

BIODATA
Tempat/Tanggal Lahir
:
Bone, 23 Oktober 1994
Jenis Kelamin / Status
:
Perempuan / Mahasiswi
Kewarganegaraan
:
Indonesia
Agama
:
Islam
Alamat
:
Jl Manuruki 2 Lr. 5A No. 85 D, Makassar
Hobi
:
Membaca, Berdiskusi, Menulis, dan Online



PENDIDIKAN
2001 – 2007
SDN 163 Appanang
2007 – 2010
SMP Negeri 1 Liliriaja
2010 – 2013
SMA Negeri 1 Tellusiattinge
2013 – Sekarang
Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN) Makassar,
Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam



1 komentar: