TUGAS KELOMPOK
Makalah Sistem Informasi Akuntansi
Kegunaan Sistem Informasi Akuntansi dalam
Sebuah Perusahaan dan Proses Bisnisnya

Oleh Kelompok 1 :
SRI AYU LESTARI
ANDI
YULIANA
WIKA
RAMDHANI HAFID
HARIATI
ABDUL
AZIS
FAJAR
RIDWAN
AHMAD
SAID
Jurusan Akuntansi
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
2014/2015
KATA PENGANTAR
Tiada kata yang paling indah selain ucapan syukur kita kepada illahi Robbi, Tuhan semesta alam yang memberikan hidayah serta inayah-Nya kepada kita, sehingga kita bisa merasakan nikmat yang tidak dapat di hitung, meski seluruh daun di dunia ini di jadikan kertas, seluruh air di lautan di jadikan tinta maka semua itu tak akan pernah cukup untuk mencatat semua kenikmatan yang telah di berika kepada kita. Sehingga, semua cita-cita serta harapan yang ingin kita capai menjadi lebih mudah dan penuh manfaat.
Terima kasih sebelum dan sesudahnya saya
ucapkan kepada Bapak Adi Permana,SE.,M.Akl selaku dosen pada mata kuliah
Sistem Informasi Akuntansi, serta teman-teman sekalian yang telah membantu,
baik bantuan berupa moril maupun materil, sehingga Makalah ini terselesaikan
dalam waktu yang telah ditentukan. Penyusun menyadari sekali, didalam
penyusunan Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan serta banyak
kekurangan-kekurangnya, baik dari segi tata bahasa maupun dalam hal
pengkonsolidasian kepada dosen serta teman-teman sekalian, yang kadangkala
hanya menuturuti egoisme pribadi, untuk itu besar harapan kami jika ada kritik
dan saran yang membangun untuk lebih menyempurnakan Makalah ini dilain waktu.
Harapan yang paling besar dari penyusunan
Makalah ini, mudah-mudahan apa yang kami susun ini penuh manfaat, baik untuk
pribadi, teman-teman, serta orang lain yang ingin mengambil atau menyempurnakan
lagi atau mengambil hikmah dari Makalah sebagai tambahan menambah referensi
yang telah ada.
Samata, 19 September 2015
Penyusun
Kelompok 1
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ..................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang 1
B.
Rumusah Masalah 1
BAB II PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Sistem Informasi Akuntansi 2
B.
Kegunaan Sistem
Informasi Akuntansi 3
C.
Proses Bisnis ......................................................................................................... 4
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan.............................................................................................................. 7
B.
Saran ....................................................................................................................... 7
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................................... 8
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Informasi dari suatu perusahaan, terutama Informasi
keuangan dibutuhkan oleh berbagai macam pihak yang berkepentingan. Pihak-pihak
diluar perusahaan, seperti kreditur, calon investor, kantor pajak, dan
lain-lain memerlukan Informasi ini dalam kaitannya dengan kepentingan mereka.
Di samping itu, pihak intern yaitu manajemen juga memerlukan Informasi untuk
mengetahui, mengawasi, dan mengambil keputusan-keputusan untuk menjalankan
perusahaan.
Untuk memenuhi kebutuhan Informasi bagi pihak luar
maupun dalam perusahaan disusun suatu sistem akuntansi. Sistem ini direncanakan
untuk menghasilkan Informasi yang berguna bagi pihak luar maupun dalam
perusahaan. Sistem akuntansi yang disusun untuk suatu perusahaan dapat diproses
secara manual (tanpa mesin-mesin pembantu) atau proses dengan menggunakan
mesin-mesin mulai dari mesin pembukuan yang sederhana sampai dengan komputer.
Sistem Informasi akuntansi salah satu sistem
Informasi diantara berbagai sistem yang digunakan oleh manajemen dalam
mengelola perusahaan. Sistem ini merupakan subsistem Informasi manajemen yang
mengelola data keuangan menjadi Informasi keuangan untuk memenuhi kebutuhan
pemakai intern maupun pemakai ekstern.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, adapun rumusah
masalah dari makalah ini yaitu :
1.
Apa yang di
maksud dengan Sistem Informasi Akuntansi?
2.
Apa kegunaan
Sistem Informasi Akuntansi dalam sebuah perusahaan?
3.
Bagaimana proses
bisnis SIA pada sebuah perusahaan?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Sistem Informasi Akuntansi
Sistem adalah kesatuan
yang terdiri dari subsistem/elemen yang saling berhubungan untuk mencapai
tujuan yang bersama. System informasi akuntansi (SIA) adalah sekumpulan
perangkat system yang berfungsi untuk mencatat data transaksi, mengolah data,
dan menyajikan informasi akuntansi kepada pihak internal (manajemen perusahaan)
dan pihak eksternal (pembeli, pemasok, pemerintah,kreditur dan sebagainya). SIA
terdiri dari 3 subsistem :
1.
Sistem
pembrosesan transaksi (transaction
processing system-TPS), yang mendukung operasi bisnis harian melalui
berbagai dokumen serta pesan untuk para pengguna di seluruh perusahaan.
2.
Sistem buku
besar/pelaporan keuangan (general
ledger/financial reporting system-GL/FRS), yang menghasilkan laporan
keuangan, seperti laporan laba rugi, neraca, arus kas, pembalian pajak, serta
berbagai laporan lainnya yang diisyaratkan oleh hukum.
3.
Sistem pelaporan
manajemen (management reportingsistem-MRS),
yang menyediakan pihak manajemen internal berbagai laporan keuangan bertujuan
khusus serta informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan, seperti
anggaran, laporan kinerja serta laporan pertanggung jawaban.
B.
Kegunaan Sistem Informasi Akuntansi dalam Sebuah
Perusahaan
1. Membuat
laporan eksternal
Perusahaan
menggunakan system informasi akuntansi untuk menghasilkan laporan-laporan
khusus untuk memenuhi kebutuhan informasi dari para investor, kreditor, dinas
pajak, badan-badan pemerintah, dan lain-lain. Laporan ini mencangkup laporan
keuangan, STP pajak dan laporan yang diperlukan oleh badan-badan pemerintah
yang mengatur perusahaan dalam industry perbankan dan utilitas.
2.
Mendukung aktivitas
rutin
Para manajer memerlukan satu system informasi
akuntansi untuk menangani aktivitas operasi rutin sepanjang siklus operasi
perusahaan itu.
3.
Mendukung
pengambilan keputusan
Informasi juga diperlukan untuk mendukung
pengambilan keputusan yang tidak rutin pada semua tingkat dari suatu
organisasi.
4.
Perencanaan dan
pengendalian
Suatu system informasi juga diperlukan untuk
aktivitas perencanaan dan pengendalian. Informasi mengenai anggaran dan biaya standar
disimpan oleh system informasi dan laporan dirancang untuk membandingkan angka
anggaran dengan jumlah yang actual.
5.
Menerapkan
pengendalian
Pengendalian internal mencakup kebijakan-kebijakan,
prosedur-prosedur dan system informasi yang diguanakan untuk melindungi
asset-aset perusahaan dan data keuangan perusahaan.
C.
Proses Bisnis
Proses
bisnis (Business Process) adalah urutan aktifitas yang dilakukan oleh suatu
bisnis untuk memperoleh barang dan jasa. Suatu cara penting untuk mempelajari
proses bisnis adalah berfokus siklus transaksi. Siklus transaksi adalah mengelompokkan
terkait pada umummnya terjadi pada suatu urutan tertentu . kejadian ( event )
berbagai hal yang terjdi pada suatu saat tertentu. Masing-masing siklus
transaksi melibatkan satu kejadian . proses bisnis dapat disusun menjadi siklus
transaksi utama :
1.
Siklus
pemerolehan / pembelian ( acquisition / purebasing cycle ) mengacu pada proses
pembelian barang dan jasa. Seperti halnya siklus pendapatan, siklus
pemberolehan dari organisasi dengan jenis yang berbeda pada dasarnya bersifat
sama karena kebanyakan mencakup di dalamnya sebagian atau semua operasi ini :
a.
Mendiskusikan
dengan para pemasok.
Sebelum melakukan pembelian, perusahaan dapat menghubungi
beberapa pemasok untuk memperoleh pemahaman tentang barang dan jasa yang
tersedia, demikian juga penetapan harganya.
b.
Memproses
permintaan.
Dokumen permintaan yang meminta barang/jasa mungkin pertama
kali disiapkan oleh karyawan dan disetujui oleh supervisor. Permintaan
pembelian ini kemudian digunakan oleh departemen Pembelian untuk menempatkan
pesanan ke pemasok.
c.
Membuat
perjanjian dengan pemasok untuk membeli barang dan jasa di masa mendatang.
Perjanjian dengan pemasok meliputi pesanan pembelian
(pesanan yang benar-benar dikirim kepara pemasok) serta kontrak para pemasok.
d.
Menerima
barang atau jasa dari pemasok.
Perusahaan perluh memastikan bahwa barang-barang tersebut
benar-benar diterima dan dalam kondisi yang baik. Di perusahaan yang besar,
unit penerima yang terpisah bertanggung jawab atas penerimaan barang.
Departemen Penerimaan barang dan menyampaikannnya ke Departemen Peminta.
e.
Mengakui
klaim atas barang dan jasa yang di terima.
Setelah barang tersebut diterima, pemasok mengirim sebuah
faktur. Jika faktur taguhannya akurat, Departemen Utang Usaha mencatat faktur
tersebut.
f.
Memilih
faktur-faktur yang akan dibayar.
Banyak perusahaan memilih faktur-faktur yang akan segera di
bayarkan menurut jadwal, hal ini sering dilakukan secara mingguan.
g.
Menulis
cek.
Setelah faktur-faktur dipilih untuk pembayaran, cek ditulis,
ditanda tangani, dan dikirim ke pemasok
2.
Siklus
konversi (conversion cycle ) mengacu pada proses merubah sumber daya yang
diperoleh menjadi barang dan jasa . contohnya kejadian konversi meliputi
perakitan , penanam, penggalian, dan pembersihan . siklus konfersi bisa
bersifat kompleks .
3.
Siklus pendapatan
(cycle) mengacu pada proses menyediakan barang dan jasa untuk para pelanggan.
Siklus pendapatan dari jenis organisasi yang berbeda dapat saja sama dan
mencakup didalamnya sebagian atau semua operasi berikut ini :
a.
Merespon permintaan
informasi dari pelanggan.
Permintaan
informasi pelanggan bisa ditangani oleh seorang tenaga penjualan. Di beberapa
industry (misalnya, computer dan perangkat lunak), produk-produknya bersifat
kompleks. Tenaga penjualan memainkan peran penting dalam membantu para pelanggan
untuk memahami suatu produk perusahaan dan memilih produk yang sesuai untuknya.
b.
Membuat
perjanjian dengan para pelanggan untuk menyediakan barang dan jasa dimasa
mendatang.
Contoh
dari perjanjian mencakup di dalamnya pesanan pelanggan untuk produk atau jasa
serta kontrak antara perusahaan dengan pelanggan untuk penyerahan barang atau
jasa di masa depan. Karyawan kunci dalam fungsi ini staf pencatat pesanan dan
tenaga penjualan.
c.
Menyediakan jasa
atau mengirim barang ke pelanggan.
Fungsi
ini sangat penting dalam proses pendapatan. Untuk jasa karyawan kuncinya adalah
para penyedia jasa untuk barang, staf gudang, dan pengiriman memainkan peran
yang aktif,
d.
menagih
pelanggan.
Dalam
hal ini, perusahaan mengakui klaimnya terhadap pelanggan dengan mencatat
piutang dan menagih pelanggan.
e.
Melakukan
penagihan uang.
Pada
suatu waktu dalam siklus pendapatan, uang tunai di tagih dari pelanggan.
f.
Menyetorkan uang
kas ke bank.
Pihak-pihak
yang terlibat disini adalah kasir dan bank.
g.
Menyusun
laporan.
Beraneka
jenis laporan mungkin di buat untuk siklus pendapatan. Contohnya, mencakup
daftar pesanan, daftar pengiriman, dan daftar penerimaan kas.
BAB III
KESIMPULAN DAN
SARAN
A.
Kesimpulan
System informasi
akuntansi (SIA) adalah sekumpulan perangkat system yang berfungsi untuk mencatat
data transaksi, mengolah data, dan menyajikan informasi akuntansi kepada pihak
internal (manajemen perusahaan) dan pihak eksternal (pembeli, pemasok,
pemerintah,kreditur dan sebagainya).Proses bisnis (Business Process) adalah urutan aktifitas
yang dilakukan oleh suatu bisnis untuk memperoleh barang dan jasa. Siklus
transaksi (Transaction Process) adalah menggelompokkan kejadian yang terjadi
dalam suatu urutan tertentu. Kejadian (Event) adalah aktifitas yang terjadi
pada suatu waktu tertentu. Tiga siklus transaksi, yaitu :
1. Siklus Pemerolehan (Pembelian :
proses mendapatkan barang atau jasa)
2. Siklus konversi (proses mengubah
sumber daya menjadi barang atau jasa)
3. Siklus pendapatan (penyediaan barang
atau jasa untuk konsumen)
B. Saran
Penyusun sangat
menyadari makalah
ini masih jauh dari sempurna dan tentunya banyak sekali kekurangan dalam
pembutan makalah ini.Hal ini disebabkan karena masih terbatasnya kemampuan yang kami miliki.
Oleh karena itu, penyusun makalah ini sangat mengharapkan kritik
dan saran yang bersifat membangun. Penyusun juga mengharapkan makalah ini sangat
bermanfaat untuk diri
sendiri khususnya dan pembaca pada umumnya.
DAFTAR PUSTAKA
http://fhanincredible.wordpress.com/2010/10/09/tinjauan-menyeluruh-sia/
http://ilmuakuntansi.web.id/pengertian-sistem-informasi-akuntansi/
Casinos Near Me - Mapyro
BalasHapusCasinos Near 파주 출장샵 Me · 나주 출장안마 Hollywood Casino at Charles Town 남양주 출장안마 Races · Tropicana Casino 문경 출장마사지 at Charles Town Races · Flamingo Casino at Harrah's 대구광역 출장안마 Gulf Coast · Casinos in